PERKEMBANGAN IPTEK

 

# PENGERTIAN GLOBALISASI 




Secara etimologis, globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu globalize yang artinya universal atau menyeluruh dan imbuhan -ization yang pada kata globalization berarti proses mendunia. Makna globalisasi merupakan sebuah proses dari suatu (informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi) yang mendunia.5 Apr 2023

_Penulis artikel di atas : Diyah ayu wulandari

  

#TOKOH PENEMU DAN TEMUANNYA





Di tahun 1799, fisikawan asal Italia yang bernama Alessandro Volta membuat sebuah baterai pertama kalinya dengan cara menumpuk lapisan perak, papan tulis atau kain yang sudah direndam menggunakan air asin. Pengaturan tersebutlah yang biasa disebut sebagai volta. 

Temuan ini pun yang menandai awal penemuan baterai pertama, yang disebutnya sebagai organ listrik buatan, perangkat yang dijelaskan dalam artikel Volta tentang listrik pada tahun 1800, dilansir dari artikel The Great Courses Daily, Rabu (14/9/2021).

*Bagaimana cara Volta menemukan baterai?*

Penemuan baterai oleh Alessandro Volta menandai titik balik ilmu kelistrikan, meskipun percobaan pertamanya tidak dilakukan pada sistem fisik anorganik, melainkan pada tubuh manusia dan hewan.

Volta memulai Percobaan uniknya dengan mencoba efek listrik pada lidahnya dan mengatakan bahwa jika dua elektroda dioleskan ke lidah, maka akan menimbulkan rasa pahit yang aneh.

Rasa sakit dan kejang juga bisa terjadi ketika elektroda dipasang pada bagian tubuh lain selain lidah, yang mungkin dianggap berbahaya jika dilakukan saat ini.

Namun ternyata, perjalanan Volta menemukan baterai pada tahun 1779 tidaklah sesingkat itu, dari berbagai eksperimen, hingga akhirnya percobaan dua logam yang ditumpuknya dapat menghasilkan arus listrik.

* Ada 3 sumber dari kutipan artikel diatas tentang tokoh penemu dan temuannya

#_https://www.gramedia.com/literasi/penemu-baterai/

#_https://amp.kompas.com/sains/read/2021/09/14/160200923/volta-menemukan-baterai-pada-tahun-1779-listrik-dihasilkan-dari-2-logam#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16957387152290&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

#_https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alessandro_Volta

_penulis artikel di atas : Tesa indah wardana



#DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN IPTEK BAGI PELAJAR :

1. Meningkatkan kualitas pembelajaran
Iptek memungkinkan penggunaan teknologi teknologi dan aplikasi digital dalam pembelajaran.

2. Mempermudah dalam mencari informasi
Iptek memudahkan akses ke informasi yang tersedia di internet.
Hal ini dapat membuat siswa mempelajari lebih banyak topik dan subjek dalam waktu yang lebih singkat.


3. Mempermudah dalam hal bisnis kecil-kecilan
Iptek memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam memperjualbelikan barang yang bisa dijual dan menghasilkan uang tambahan untuk keperluan sekolah


4.Media Diskusi                                        Dengan kemajuan IPTEK dapat membuat banyak ruang yang digunakan sebagai tempat untuk belajar dan menambah wawasan yang luas

5.Mempermudah dalam Berkomunikasi
Perkembangan IPTEK pun berdampak pada komunikasi yang lebih cepat untuk dilakukan.
Terdapat banyak teknologi dan media yang digunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan guru maupun teman untuk belajar. Contoh aplikasinya ialah seprti youtube, zoom meeting, Classroom


_Penulis artikel di atas : M. Risqika


#DAMPAK NEGATIF IPTEK BAGI PELAJAR


1. Menyebabkan ketergantungan
Siswa dapat menjadi tergantung pada teknologi untuk belajar dan mengakses informasi lebih cepat
Hal ini dapat menyebabkan siswa kehilangan kemampuan untuk belajar secara mandiri, karena di berbagai aplikasi sudah terdapat jawaban yang tepat


2. Meningkatkan potensi kecurangan
Iptek juga dapat membantu siswa untuk melakukan kecurangan dengan lebih mudah.Contohnya dengan menyalin pekerjaan dari internet atau menggunakan program plagiat.


3. Mengurangi interaksi sosial
Dengan fokus pada teknologi dan aplikasi digital, siswa dapat kehilangan keterampilan sosial dan interaksi interpersonal yang penting dalam pengembangan kepribadian mereka.hal ini menyebabkan pengaruh buruk bagi komunikasi siswa


4. Menyebabkan ketidakseimbangan kesehatan
Siswa dapat menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer atau gadget.
Dengan menggunakan gadget terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, gangguan penglihatan, dan masalah tidur.


5. Melupakan budaya lama
Dengan kemajuan IPTEK membuat pelajar melupakan budaya lama karena terpengaruh budaya baru.
Misalnya masuk budaya barat melalui platform seperti YouTube Instagram, Facebook dan lainnya

_Penulis artikel di atas : Angga saputra



#PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL

 media sosial adalah suatu kumpulan perangkat lunak yang memungkinkan individu maupun komunitas untuk berkumpul, berbagi, berkomunikasi ataupun bermain. Jadi intinya Media Sosial merupakan suatu alat yang memudahkan kita untuk bisa berinteraksi dan melakukan aktifitas atau komunikasi secara dua arah secara online.  

Perkembangan media sosial terjadi karena adanya perkembangan media atau alat untuk kita mengakses media sosial yang tersebut. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai media untuk berkomunikasi saja, namun media sosial juga digunakan dalam kepentingan politik, pemerintahan,pendidikan dan lain sebagainya.

Sebelum Media Sosial bisa berkembang dengan cepat, media sosial awalnya dimulai dari Media Lama. Media Lama adalah sebuah terminologi yang digunakan untuk merujuk pada media massa yang tidak banyak memanfaatkan teknologi internet dalam aktivitasnya sehari-hari. Adapun media lama yang dimaksud adalah Televisi, radio, surat kabar dan lain sebagainya.

Setelah melewati media lama ini muncullah media baru. Media baru merupakan terminologi yang digunakan untuk menyebut suatu media yang berbeda dengan media sebelumnya. Media baru ini muncul sejak adanya internet. Media baru ini muncul akibat adanya proses digitalisasi dari perkembangan teknologi. Setelah melewati media lama dan media baru, barulah muncul yang namanya media sosial. Media sosial ini merupakan salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi.

Pada era digital saat ini media sosial berkembang mengikuti perkembangan internet, karena jika tidak ada internet maka media sosial tersebut tidak dapat dimanfaatkan atau digunakan. Orang-orang Indonesia semakin hari semakin aktif dalam dunia media sosial, hal ini mengakibatkan banyak hal-hal bisa viral dengan mudah.

Dengan munculnya dan berkembangnya media sosial ini memiliki banyak manfaat bagi kita, yaitu memudahkan kita dalam melakukan komunikasi jarak jauh, mudah untuk mencari suatu informasi, dan kita juga bisa berbagi cerita melalui media sosial dan masih banyak lagi. Media sosial saat ini juga semakin berkembang dimana banyak jenis aplikasi dalam media sosial. Dengan banyaknya aplikasi ini bisa memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Oleh karena itu media sosial sangat berperan penting di era digital saat ini.

Namun media sosial juga memiliki dampak negatif misalnya, dengan adanya media sosial yang memudahkan kita untuk mencari suatu informasi banyak kasus yang sering kita temui mengenai aplikasi yang tidak senonoh dan membuat para siswa kecanduan pada hal tersebut. Dan menyebabkan pengaruh buruk bagi siswa

_Penulis artikel di atas : Zaskia Ramadhani











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil dan perancangan perkembangan IPTEK